Selamat Datang Di Siloam Heart Institute

Kenali Jenis Penanganan Tepat Pada Kelainan Irama Jantung

Kenali Jenis Penanganan Tepat Pada Kelainan Irama Jantung

Kelainan irama jantung menjadi kendala dalam melakukan aktivitas. Oleh sebab itu, masyarakat perlu dengan jeli memahami jenis penanganan yang diperlukan.

Penanganan paling mudah yakni dengan berolahraga. Sebab, dengan beraktivitas dan bergerak aktif, irama jantung yang tidak beraturan dapat ditekan secara perlahan.

“Lakukan olahraga teratur, irama tidak teratur jantung akan semakin tidak terasa. Karena olahraga menyebabkan feel good effect, sehingga sensitifitas menurun,” ujar spesialis jantung, dr. Antono

Sutandar, SpJP(K), kepada Baru Aja di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun, tentu saja kelainan irama jantung ini membutuhkan penanganan dari obat medis. Di mana, pengobatan tersebut bertujuan untuk mencari keseimbangan irama jantung antara yang terlalu cepat atau terlalu lambat yakni rate control (untuk mencari keseimbangan irama supaya tidak terlalu cepat atau lambat) dan rhythm control (mengembalikan irama menjadi normal).

“Hasil jangka panjang antara rate control dan rhytm control tidak berbeda jauh, sehingga penanganan keduanya memang untuk menjaga irama jantung,” lanjutnya.

Selain itu, komponen lain yang penting adalah pencegahan stroke yang dilakukan dengan pemberian obat pengencer darah. Sebab, penderita kelainan irama jantung, berisiko besar mengidap stroke.

“Bagi penderita kelainan irama jantung, anticoagulant lebih efektif untuk mencegah stroke. Dengan pertimbangan antara risiko dan keuntungannya. Keuntungannya adalah menurunkan stroke sebanyak 60-70 persen, sedangkan risikonya adalah perdarahan sebesar 3-5 persen per tahun.”