Selamat Datang Di Siloam Heart Institute

Latar Belakang

Dalam beberapa dekade terakhir, kematian yang disebabkan penyakit jantung kian meningkat khususnya pada negara berkembang dan negara maju. Pada negara berkembang seperti Indonesia, meningkatnya penderita penyakit jantung tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah pusat pelayanan jantung yang komprehensif. Hal ini mengakibatkan banyaknya penderita jantung tidak tertangani dengan baik sehingga menurunkan kualitas hidupnya.

Jumlah operasi jantung di Indonesia kini berkisar antara 4000 kasus per tahun, masih tergolong sangat sedikit dibandingkan dengan potensi kasus bedah jantung yang berjumlah ±20.000 kasus per tahun. Studi juga menerangkan bahwa ±2000 pasien memilih untuk melakukan prosedur operasi di luar negeri. Selain menggambarkan ketidakpercayaan masyarakat Indonesia terhadap kualitas pelayanan jantung di Indonesia, hal ini juga menggambarkan bahwa tidak semua masyarakat Indonesia mendapatkan pelayanan jantung yang komprehensif dikarenakan ketidakmampuan finansial.

Masyarakat Indonesia membutuhkan fasilitas dengan sarana yang lengkap untuk solusi kesehatan jantung mereka. Fasilitas yang juga dilengkapi dengan tenaga medis yang kompeten dalam bidangnya dan turut mendukung kondisi finansial pasien.

Berdasarkan kebutuhan inilah, Siloam Heart Institute (SHI) didirikan di Siloam Hospitals Group. Berpusat di Siloam Hospitals Kebon Jeruk, SHI menjadi pusat pelayanan jantung komprehensif bagi seluruh masyarakat Indonesia.