Selamat Datang Di Siloam Heart Institute

Serangan Jantung Tak Melulu Disertai Nyeri Dada

By fitra muncil

March 31, 2016

TAK jarang seseorang menderita penyakit jantung tapi tidak pernah menyadarinya. Karena mereka tidak pernah mengalami gejala nyeri dada yang menjadi tanda awal serangan jantung.

“Sebanyak 30 persen orang tidak menyadari kena serangan jantung dan melewatinya di rumah.

Karena sekarang orang sakit jantung gak pernah mengalami gejala nyeri dada di awal,” ujar Dokter Spesialis Jantung Dr Antono Sutandar SpJP dari Siloam Hospital Kebon Jeruk saat Media Gathering di Board Room Lantai 5, Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (30/3/2016).

Dia menambahkan, sebanyak 20 persen pasien jantung pria mengaku tidak mengalami nyeri dada saat terserang penyakit jantung. Sementara, 30-40 persen wanita juga tidak mengeluh sakit dada saat mengalami penyakit yang sama.

“Sekarang pasien yang mengalami penyakit jantung keluhannya tidak bisa dilokalisir di dada. Kadang bisa menjalar ke tenggorokan, perut, lengan kiri dan tubuh bagian belakang,” ungkapnya.

Terkadang, papar dia, pasien juga mengalami keluhan lain seperti mual, muntah dan keringat dingin. Durasi serangan, dalam keadaan stabil pasien akan kesakitan selama 5-15 menit.

“Penyebab keluhan disebabkan karena adanya gumpalan darah dan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Walaupun jantungnya sedang istirahat, orang bisa tiba-tiba kena serangan jantung mendadak,” tukasnya.