Selamat Datang Di Siloam Heart Institute

Tim Dokter Siloam Hospitals Kebon Jeruk

Departemen Kardiologi

Departemen kardiologi menyediakan berbagai layanan yang luas dalam diagnosa dan pengelolaan penyakit jantung. Departemen ini terdiri dari tim dokter multidisiplin dari berbagai sub-spesialis jantung untuk merawat semua jenis penyakit jantung.

Fasilitas kami dilengkapi dengan tempat tidur untuk Coronary Care Unit, Intermediate Care Area, High Dependency Unit, dan kamar perawatan umum. Kami juga selalu ditunjang oleh cardiac investigative laboratories, Laboratorium radiologi nuklir, klinik sub-spesialis, unit fisioterapi dan rehabilitasi kardiovaskuler dan pencegahan kardiologi.

DIAGNOSTIK INVASIF DAN KARDIOLOGI INTERVENSIONAL

Kardiologi intervensional melibatkan perawatan pasien dengan penyakit katup jantung atau penyakit jantung koroner arteri.  Program kardiologi intervensional didukung oleh 1 laboratorium kateterisasi, yang dilengkapi dengan teknologi terkini dan fitur canggih seperti biplane dan monoplane flat detectors untuk mengurangi paparan radiasi ke pasien. Laboratorium kateterisasi kami beroperasi 24 jam, sehingga dapat memastikan pasien yang sedang mengalami serangan jantung kapan pun dapat menerima acute angioplasty untuk menangani arteri yang tersumbat. Penelitian menunjukkan bahwa metode perawatan ini berujung pada hasil klinis yang lebih baik untuk pasien dibandingkan kepada yang tidak diberikan obat-obatan untuk menangani gumpalan darah.

Pelayanan: 

• 24/7 Acute Angioplasty
Adjunctive Coronary Imaging menggunakan
Intravascular Ultrasound (IVUS) & Optical Coherence
Tomography (OCT)
Aquapheresis
• Kateterisasi jantung/angiografi
Coronary Physiologic Measurement (FFR)
menggunakan Pressure Wire
Intraaortic Balloon Counterpulsation
Mitral, Aortic, dan Pulmonary Valvuloplasty
• Prosedur MitraClip untuk Mitral Regurgitation yang parah
Biopsi Myocardial
Peripheral Vascular Intervention
Percutaneous Cardiopulmonary Bypass
Percutaneous Coronary Interventions (termasuk
stenting dan atherectomy; congenital structural heart
intervention; percutaneous valve intervention; left atrial
appendage closure)
• Denervasi ginjal
• Kateterisasi jantung kiri dan kanan/angiografi

PENCITRAAN JANTUNG NON-INVASIF, EKOKARDIOGRAFI DAN RADIOLOGI NUKLIR

Kami memiliki berbagai investigasi yang komprehensif untuk mendeteksi permasalahan kardiovaskuler, termasuk teknologi kamera gamma terkini untuk pemindaian jantung yang dapat menurunkan waktu pemindaian sampai dengan 75% dan 320-slice cardiac computed tomography yang dapat mengurangi paparan radiasi ke jantung hingga 90%.

Pelayanan:

Radiologi Nuklir
Nuclear Stress/Rest Perfusion Scans
Rest and Exercise Gated Blood Pool Scans
Rest-Redistribution Thallium Imaging
Pencintraan Jantung Non-Invasif
Cardiovascular Magnetic Resonance Imaging
Computed Tomography Coronary Angiography

Ekokardiografi
Transoesophageal Echocardiography
Transthoracic-echodoppler Studies
Stress EchocardiologyExercise
Stress Echocardiology – Pharmacologic
3D Echocardiography

PROGRAM GAGAL JANTUNG

Gagal jantung dapat diidentifikasi sebagai area prioritas untuk penanganan penyakit di Indonesia dikarenakan prevalensi yang tinggi. Program pengelolaan gagal jantung yang komprehensif meningkatkan kondisi pasien dengan kondisi gagal jantung.

Dengan adanya program gagal jantung di SHI, kami mengharapkan untuk meningkatkan kualitas hidup dan tingkat keselamatan untuk pasien gagal jantung dan menurunkan angka re-hospitalisation dengan cara pendekatan tim multidisiplin yang terdiri dari spesialis gagal jantung, spesialis bedah kardiotoraks, perawat dokter, fisioterapi, ahli diet, dan apoteker.

Pasien yang stabil dapat kembali ke sistem dasar kesehatan untuk perawatan berkelanjutan.

PENYAKIT JANTUNG BAWAAN PADA ANAK DAN DEWASA

Peningkatan jumlah anak-anak dengan penyakit jantung bawaan yang dapat bertahan hidup sampai dewasa terjadi karena dunia bedah, medis, anestesi, dan perawatan jantung intensif berkembang pesat beberapa dekade terakhir. Pasien yang dapat bertahan hidup kini mendekati angka 90% dibandingkan dengan tingkat keselamatan dekade lalu yang hanya mencapai 15%. Dengan pasien ini memasuki fase orang dewasa, mereka akan membutuhkan pemantauan reguler dan mungkin memerlukan intervensi bedah lanjutan. Program Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak dan Dewasa dibentuk untuk menangani kelompok pasien ini.

Penyakit jantung bawaan adalah kondisi heterogen dengan spektrum kompleksitas yang bervariasi dan tingkat keparahan yang sangat luas. Penyakit jantung bawaan terdapat pada 9 dari 1000 bayi baru lahir hidup dan 50% diantaranya perlu intervensi. Maka dari itu, Pasien dengan penyakit jantung bawaan (dengan pengecualian kepada mereka dengan penyakit isolasi katup jantung ringan atau mereka dengan repaired patent ductus arterious, ventricular septal defect, dan atrial septal defect) harus ditindaklanjuti di dalam klinik khusus dengan tim multidisiplin yang dapat mengantisipasi berbagai masalah secara khusus kepada setiap individu. Kami memiliki pengalaman dan keahlian dalam mengelola pasien mulai dari penyakit jantung bawaan sederhana hingga pasien dengan penyakit jantung bawaan yang kompleks seperti pasien post Fontan Surgery, pasien dengan univentricular heart, cyanotic complex, dan congenital heart lesions.

Pelayanan:

• Klinik Penyakit Jantung Bawaan Dewasa
• Klinik jantung kehamilan
Congenital Echocardiography
Congenital Heart Catheterisation
Congenital Heart Invervention (contoh:
Atrial Septal Defect Device Closure,
Patent Foramen Ovale Device Closure,
Patent Ductus Arteriosus Device Closure,
Pulmonary Valvuloplasty,
dan lain sebagainya)
Pulmonary Hypertension
• Kateterisasi jantung kanan/kiri dan
penelitian pulmonary vasoreactivity
Skrining untuk Sindrom Marfan

Departemen Bedah Toraks Kardiovaskular

Bedah jantung merupakan salah satu komponen terpenting dalam SHI. Melalui pendekatan tim dokter multidisiplin, pasien diberikan pelayanan yang komprehensif di setiap tahapan perawatan. Setiap kasus bedah akan dibahas dalam konferensi dokter SHI, dimana kondisi pasien akan dianalisis dari berbagai subspesialisasi. Sehingga, pasien akan menerima perawatan yang maksimal pada setiap tahapan bedah, sehingga tujuan bedah dapat tercapai dengan baik.

Kegiatan bedah jantung SHI didukung oleh tim bedah yang berpengalaman dalam menangani berbagai kasus bedah toraks kardiovaskuler. Masing-masing dokter telah menjalani berbagai pelatihan baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, berbagai peralatan canggih juga mendukung proses bedah. Hal ini memungkinkan tim bedah SHI untuk melakukan berbagai tindakan bedah dalam tingkat kompleksitas tinggi sampai rendah.

Calon pasien bedah akan melewati proses skrining awal sebelum prosedur bedah dilakukan. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa pasien siap untuk menjalani bedah. Baik uji laboratorium dan pencitraan akan dilakukan sebelum tindakan bedah berlangsung. Pasca tindakan, pasien akan dirawat inap di ruang ICCU (Intensive Cardiac Care Unit). Dalam tahapan ini, pemantauan pasien di ruang ICCU dialihkan oleh tim dokter ICCU. Pasca perawatan di ruang ICCU, pasien akan dipindahkan ke ruang perawatan dan dilanjutkan dengan program rehabilitasi kardivaskuler.

Pelayanan:

Coronary Bypass (CABG, OPCAB, MidCAB)
Valve Surgery (Mitral dan Aorta)
Mitral Valve Repair
Aortic Surgery
Pediatric Cardiac Surgery
Minimal Invasive Cardiac Surgery
Vascular Surgery (Peripheral Vascular Disease)
Surgery Atrial Fibrilation (Maze)
Heart Failure Surgery (LVAD)
Hybrid Surgery (Vascular dan CoronerTEVAR, EVAR)
AV Shunt
Carotid Endarterectomy

Departemen Anestesi Kardiologi

Di SHI, Departemen Anestesi Kardiovaskuler dikembangkan secara khusus untuk merawat pasien bedah jantung berdasarkan anestesiologi jantung yang terfokus pada evaluasi pre-operatif, intra-operatif, dan pos-operatif. Bidang ini juga melakukan pengelolaan terhadap pasien dengan penyakit pembuluh darah jantung dan intra-toraks.

Dokter spesialis anestesi dalam departemen ini terlibat dalam berbagai kasus bedah jantung baik yang rutin maupun yang tidak rutin. Mengingat bahwa pendekatan multidisiplin akan sangat berperan untuk meminimalisir dampak negatif pada pasien, dan juga mengurangi jumlah hari pasien dirawat.

Dengan meningkatnya jumlah populasi dan masih tingginya prevalensi penyakit jantung, jumlah kasus operasi jantung juga akan terus meningkat. Jumlah ini juga akan berkembang seiring dengan tingkat kompleksitas yang memerlukan evolusi dalam ilmu pengetahuan dan teknik secara terus-menerus.

Departemen Rehabilitasi Kardiovaskuler Dan Pencegahan Kardiologi (RKV & PK)

RKV & PK adalah komponen terintegral dari perawatan jantung. Dengan menggabungkan program pencegahan primer dan sekunder, program RKV dan PK terdiri dari tim multidisiplin untuk membantu pasien jantung agar dapat memulihkan kondisi mereka dan dapat kembali dalam kondisi prima.

Pelayanan:

Program RKV dan PK termasuk:
• Modifikasi faktor risiko kardiovaskuler
• Konseling diet dan metabolisme
• Rekomendasi latihan
• Pengujian latihan
• Pendidikan kesehatan
• Konseling farmasi
• Konseling psikologis
• Program pelatihan terbimbing untuk pasien rawat inap atau rawat jalan